Nexus The Kingdom of the Winds - 1996

tingizad

10 Game Online Pertama di Dunia

Dunia game online telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kini, jutaan orang di seluruh dunia menikmati berbagai macam game online, mulai dari MMORPG hingga game mobile kasual. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah game online dimulai? Mari kita telusuri kembali ke masa awal perkembangan internet dan temukan 10 game online pertama di dunia yang telah membuka jalan bagi industri game online yang masif saat ini.

Pada era 1980-an dan 1990-an, internet masih dalam tahap awal pengembangannya. Koneksi internet yang lambat dan terbatas membuat game online memiliki grafis yang sederhana dan gameplay yang repetitif. Namun, meskipun dengan keterbatasan teknologi, game-game online ini mampu menarik minat banyak pemain dan menjadi fenomena budaya pop di masanya.

Berikut adalah 10 game online pertama di dunia:

Island of Kesmai (1984) 

Island of Kesmai (1984) 

Island of Kesmai, dirilis pada tahun 1984, merupakan pelopor dalam dunia game online. Dikenal sebagai salah satu Multi-User Dungeon (MUD) pertama, Island of Kesmai menawarkan pengalaman bermain yang berbasis teks.

MUD sendiri berfokus pada eksplorasi dan interaksi dengan pemain lain. Meskipun grafisnya sederhana dan gameplay-nya mungkin terkesan repetitif menurut standar modern, Island of Kesmai berhasil menarik minat banyak pemain pada masanya. Bahkan, game ini bisa dianggap sebagai fenomena budaya pop di era awal perkembangan internet.

Beberapa hal menarik dari Island of Kesmai:

  • Dunia yang luas: Meskipun berbasis teks, Island of Kesmai menawarkan dunia yang luas untuk dijelajahi. Dunia ini terbagi menjadi beberapa region dengan berbagai macam monster, NPC (Non-Player Character), dan harta karun untuk ditemukan.
  • Interaksi sosial: Sebagai MUD, Island of Kesmai memungkinkan pemain untuk berinteraksi satu sama lain. Para pemain bisa saling bertarung, berdagang, atau bahkan membentuk party untuk berpetualang bersama.
  • Komunitas yang erat: Keterbatasan teknologi pada masa itu justru mendorong terbentuknya komunitas pemain yang erat. Para pemain saling bertukar informasi dan strategi melalui forum online, menciptakan pengalaman bermain yang unik.

Island of Kesmai mungkin tidak sepopuler game online masa kini, namun perannya sebagai pelopor tidak bisa dikesampingkan. Game ini membuka jalan bagi perkembangan game online di masa depan, termasuk genre MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games) yang sangat digandrungi saat ini.

Habitat (1985)

Habitat (1985)

Beranjak dari dunia text-based Island of Kesmai, mari kita melangkah ke tahun 1985 dan memasuki dunia Habitat, salah satu game online grafis 3D pertama yang pernah ada. Habitat hadir sebagai terobosan di masanya, menawarkan pengalaman bermain yang jauh berbeda dari MUD.

Inovasi Habitat:

  • Dunia Virtual 3D: Habitat memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia virtual yang digambarkan dengan grafis 3D sederhana. Meskipun grafisnya tidak sedetail game modern, hal ini merupakan lompatan besar dibanding game online sebelumnya.
  • Interaksi Sosial yang Mendalam: Habitat tak hanya sekedar dunia virtual. Pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain, melakukan aktivitas bersama seperti berbincang, berbelanja barang virtual, atau bahkan sekadar bersosialisasi. Konsep ini meletakkan dasar bagi interaksi sosial yang menjadi daya tarik utama game online modern.
  • Komunitas yang Dinamis: Lahirnya dunia virtual dan interaksi sosial dalam Habitat mendorong terbentuknya komunitas pemain yang dinamis. Pemain dapat saling bertukar informasi, berbisnis, atau mengadakan event bersama di dalam game.

Habitat sebagai Pelopor:

Meskipun keterbatasan teknologi saat itu membuat grafis dan gameplay Habitat terlihat sederhana, game ini memiliki pengaruh yang besar. Habitat menjadi pionir dalam hal:

  • Visualisasi dunia online: Habitat menunjukkan potensi grafis 3D dalam menghadirkan dunia online yang lebih imersif.
  • Komunitas online yang aktif: Habitat membuktikan pentingnya interaksi sosial dalam game online, membuka jalan bagi perkembangan komunitas game online yang masif seperti saat ini.

Habitat mungkin tidak lagi dimainkan secara luas saat ini. Namun, perannya sebagai pelopor game online 3D dengan komunitas yang aktif patut dikenang. Habitat telah membuka jalan bagi evolusi game online, membawa kita melangkah dari dunia teks menuju dunia virtual yang lebih kaya dan interaktif.

Neverwinter Nights (1991)

Beralih ke tahun 1991, dunia game online kedatangan Neverwinter Nights, sebuah game yang membawa salah satu tabletop RPG (role-playing game) legendaris, Dungeons & Dragons, ke ranah online.

Opens in a new windowen.wikipedia.org

Neverwinter Nights (1991) video game

Neverwinter Nights menjadi titik balik yang signifikan dalam sejarah game online. Berikut alasannya:

  • MMORPG Berbasis D&D Pertama: Neverwinter Nights dianggap sebagai MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games) berbasis Dungeons & Dragons yang pertama. Ini memungkinkan pemain untuk berpetualang bersama dalam dunia Forgotten Realms yang luas, melawan monster, menyelesaikan quest, dan mengembangkan karakter mereka layaknya di permainan D&D tabletop.
  • Peran Penting dalam Popularitas D&D: Neverwinter Nights turut andil dalam meningkatkan popularitas Dungeons & Dragons. Para pemain yang sebelumnya hanya mengenal D&D melalui tabletop RPG, kini bisa merasakan sensasi berpetualang bersama teman secara online.
  • Komunitas D&D yang Berkembang: Kehadiran Neverwinter Nights online menghubungkan para pemain D&D dari seluruh dunia, membantu mempererat komunitas dan memperluas jangkauan D&D.
Baca Juga  Hero Baru Mobile Legend Cici, Sang Yoyo Fighter

Neverwinter Nights mungkin terlihat sederhana dibandingkan dengan MMORPG modern. Namun, game ini berperan penting dalam meletakkan dasar bagi genre MMORPG yang sangat digandrungi saat ini. Neverwinter Nights membuktikan bahwa konsep role-playing yang kompleks dan kerja sama tim dapat berjalan dengan baik dalam dunia online.

Nexus: The Kingdom of the Winds (1996) 

Nexus The Kingdom of the Winds - 1996

Nexus: The Kingdom of the Winds, dirilis pada tahun 1996, menjadi tonggak sejarah tersendiri dalam dunia game online. Game ini dianggap sebagai MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games) pertama yang menyuguhkan dunia terbuka yang persisten**.

Mari kita kupas lebih dalam mengenai inovasi yang dibawa Nexus:

  • Dunia Terbuka yang Persisten: Berbeda dengan game online sebelumnya yang memiliki dunia yang terpisah-pisah atau bersifat instance-based, Nexus menawarkan dunia terbuka yang terus berjalan bahkan ketika pemain sedang offline. Hal ini menciptakan perasaan hidup dan dinamis dalam dunia game, serta mendorong interaksi dan kerja sama antar pemain.
  • Gameplay MMORPG yang Mendalam: Nexus menyuguhkan berbagai elemen klasik MMORPG**, seperti pemilihan class karakter, sistem level dan skill, serta quest yang bisa diselesaikan bersama pemain lain. Para pemain dapat menjelajahi dunia game yang luas, berburu monster, berdagang dengan pemain lain, dan membangun komunitas yang kuat.
  • Inspirasi dari Korea Selatan: Nexus merupakan salah satu MMORPG pertama yang berasal dari Korea Selatan**. Game ini turut membuka jalan bagi popularitas MMORPG asal Korea yang mendominasi industri game online di masa mendatang.

Nexus: The Kingdom of the Winds mungkin tidak memiliki grafis yang memukau seperti MMORPG modern. Namun, perannya dalam memperkenalkan konsep dunia terbuka yang persisten dalam game online sangatlah signifikan**. Konsep ini menjadi dasar bagi banyak MMORPG populer saat ini**, seperti World of Warcraft dan Final Fantasy XIV. Selain itu, kehadiran Nexus turut menancapkan kehadiran Korea Selatan sebagai pelopor dalam pengembangan MMORPG**.

Meridian 59 (1996) 

Meridian 59, dirilis pada tahun 1996, berdiri sejajar dengan Nexus: The Kingdom of the Winds sebagai pelopor dalam genre MMORPG. Namun, Meridian 59 memiliki keunikan tersendiri, yaitu menjadi salah satu MMORPG 3D pertama yang pernah ada**.

Inovasi yang dibawa Meridian 59:

  • Dunia 3D yang Imersif: Meridian 59 menyuguhkan dunia game dengan grafis 3D**, meskipun masih tergolong sederhana menurut standar modern. Para pemain dapat berpetualang menjelajahi dunia yang luas, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan bertarung melawan monster dengan tampilan 3D.
  • Gameplay Sandbox yang Bebas: Tidak seperti MMORPG lain yang memiliki jalan cerita yang linear, Meridian 59 menawarkan kebebasan gameplay sandbox**. Pemain dapat menentukan sendiri gaya bermain mereka, apakah ingin menjadi petualang, pedagang, pengrajin, atau bahkan penjahat. Hal ini memberikan keleluasaan dan daya tarik tersendiri bagi para pemain.
  • Komunitas yang Solid: Meskipun diluncurkan pada era koneksi internet yang terbatas, Meridian 59 berhasil membangun komunitas pemain yang erat**. Para pemain saling berinteraksi, berdagang, dan membentuk guild untuk menghadapi tantangan bersama.

Dampak Meridian 59:

  • Mempengaruhi MMORPG Modern: Konsep dunia 3D yang imersif dan kebebasan gameplay sandbox dalam Meridian 59 menjadi inspirasi bagi banyak MMORPG di masa depan, termasuk game-game populer seperti EverQuest dan Ultima Online.
  • Membuka Jalan bagi John Hanke: John Hanke, salah satu pengembang di balik Meridian 59, kemudian menjadi sosok penting dalam dunia game mobile. Beliau adalah pendiri Niantic, pengembang game fenomenal Pokemon Go.

Meridian 59 mungkin tidak sepopuler MMORPG masa kini. Namun, perannya sebagai pelopor MMORPG 3D dengan dunia sandbox yang luas tidak bisa diabaikan**. Game ini telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan genre MMORPG dan membuka jalan bagi inovasi-inovasi yang kita lihat dalam game online saat ini.

Ultima Online (1997) 

Di tahun 1997, dunia game online kedatangan Ultima Online, sebuah game yang tak hanya populer pada masanya, tetapi juga meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah game online. Ultima Online dibangun di atas konsep yang sudah ada pada game-game sebelumnya seperti Nexus: The Kingdom of the Winds dan Meridian 59, namun membawanya ke level yang lebih tinggi**.

Apa yang membuat Ultima Online istimewa?

  • Dunia yang Sangat Luas: Ultima Online menyuguhkan dunia terbuka yang sangat luas dengan berbagai macam bioma, kota, dan ruang bawah tanah untuk dijelajahi. Dunia ini terus berjalan dan berevolusi bahkan ketika pemain sedang offline, menciptakan perasaan hidup dan dinamis yang belum pernah ada sebelumnya.
  • Sistem Sandbox yang Kompleks: Ultima Online memberikan kebebasan luar biasa bagi para pemain. Pemain dapat memilih profesi mereka, dari pendekar yang gagah berani hingga pengrajin yang terampil**. Mereka bisa berdagang dengan pemain lain, membangun rumah, bahkan terlibat dalam kegiatan kriminal seperti mencuri atau merampok.
  • Komunitas yang Sangat Aktif: Ultima Online menciptakan komunitas game online yang masif dan dinamis**. Para pemain saling berinteraksi, membentuk guild, berpartisipasi dalam event in-game, dan bahkan menjalin hubungan sosial yang melampaui dunia game.

Dampak Ultima Online:

  • Mencetak Standar Baru MMORPG: Ultima Online dianggap sebagai pelopor dalam hal dunia online yang luas, sistem sandbox yang kompleks, dan komunitas pemain yang aktif. Konsep-konsep ini menjadi standar baru bagi genre MMORPG di masa depan.
  • Mempengaruhi Game Modern: Pengaruh Ultima Online tidak hanya terbatas pada MMORPG. Konsep kebebasan pemain dan komunitas online yang kuat juga mempengaruhi banyak game online modern, termasuk game-game bergenre sandbox dan game dengan fokus sosial yang tinggi.
  • Memori Abadi: Bagi banyak gamer veteran, Ultima Online mengingatkan masa-masa kejayaan game online**. Game ini meninggalkan kenangan manis tentang petualangan bersama teman, membangun komunitas, dan merasakan dunia online yang hidup.
Baca Juga  15 Game Buatan Indonesia 2024: Inovasi dan Kreativitas Tanah Air

Meskipun grafis Ultima Online mungkin terlihat sederhana menurut standar modern, game ini tetap menempati posisi penting dalam sejarah game online. Ultima Online telah membuka jalan bagi perkembangan MMORPG dan menanamkan konsep-konsep yang masih relevan dalam dunia game online saat ini.

EverQuest (1999) 

Dunia game online pada tahun 1999 kedatangan EverQuest, game yang tak hanya fenomenal di masanya, tetapi juga memegang posisi krusial dalam membentuk industri game online seperti yang kita kenal sekarang. Membangun fondasi dari para pendahulunya seperti Ultima Online, EverQuest membawa genre MMORPG ke level yang jauh lebih tinggi**.

Mengapa EverQuest begitu berpengaruh?

  • Dunia yang Sangat Menantang: EverQuest menyuguhkan dunia fantasi yang luas dan penuh dengan tantangan**. Para monster di EverQuest sangat kuat dan membutuhkan kerja sama tim yang baik untuk mengalahkannya. Hal ini menumbuhkan semangat pantang menyerah dan solidaritas antar pemain.
  • Kurva Belajar yang Curam: Berbeda dengan beberapa MMORPG yang cenderung kasual, EverQuest memiliki kurva belajar yang terbilang curam**. Para pemain perlu berusaha keras untuk memahami gameplay, menguasai skill, dan bekerja sama dengan tim untuk meraih kemajuan. Namun, tantangan ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer hardcore.
  • Komunitas yang Erat dan Penuh Dedikasi: EverQuest menghasilkan komunitas pemain yang sangat erat dan penuh dedikasi**. Para pemain saling bertukar informasi dan strategi, membentuk guild yang kuat, dan berjuang bersama untuk menaklukkan tantangan terberat dalam game.

Dampak EverQuest:

  • Mempopulerkan MMORPG: EverQuest dianggap sebagai game yang mempopulerkan genre MMORPG secara global**. Kesuksesannya menarik minat jutaan pemain dan menginspirasi dibuatnya banyak MMORPG lain di masa depan.
  • Mendorong Industri Game Online: EverQuest tidak hanya sukses secara komersial, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri game online secara keseluruhan. Keberhasilannya membuktikan potensi pasar game online dan menarik investasi yang lebih besar ke dalam industri ini.
  • Membentuk Standar Baru: EverQuest menjadi standar baru bagi genre MMORPG. Konsep dunia yang luas dan menantang, pentingnya kerja sama tim, dan komunitas yang erat masih berlaku dalam banyak MMORPG modern.

Meskipun popularitas EverQuest menurun seiring berjalannya waktu, jejaknya dalam sejarah game online tak terhapuskan**. EverQuest telah membawa MMORPG ke arus mainstream**, menciptakan komunitas gamer yang solid, dan meletakkan fondasi bagi industri game online yang masif seperti yang kita lihat saat ini.

Asheron’s Call (1999)

Di tahun yang sama dengan EverQuest, yaitu 1999, dunia MMORPG kedatangan another strong contender, Asheron’s Call. Meskipun bersaing dengan raksasa seperti EverQuest, Asheron’s Call berhasil mencuri perhatian para gamer PC dengan menawarkan konsep gameplay yang inovatif**.

Apa yang membuat Asheron’s Call unik?

  • Sistem Skill yang Fleksibel: Berbeda dengan MMORPG lain yang mengharuskan pemilihan class karakter yang ketat, Asheron’s Call menyuguhkan sistem skill yang lebih fleksibel**. Pemain dapat memilih dan menguasai beragam skill sesuai keinginan mereka, memungkinkan kustomisasi karakter yang lebih bebas.
  • Mekanisme Pertempuran yang Dinamis: Asheron’s Call menghindari sistem pertarungan statis yang banyak ditemui di MMORPG saat itu. Game ini mengintegrasikan sistem positioning dan timing dalam pertarungan, membuat pertempuran terasa lebih strategis dan mengutamakan skill pemain**.
  • Komunitas yang Kreatif dan Kompetitif: Keunikan sistem skill dan pertarungan dalam Asheron’s Call menumbuhkan komunitas yang kreatif dan kompetitif**. Para pemain bereksperimen dengan kombinasi skill yang berbeda, membentuk guild khusus PvP (Player vs Player), dan mengadakan turnamen untuk menguji kemampuan mereka.

Dampak Asheron’s Call:

  • Menyegarkan Genre MMORPG: Asheron’s Call hadir sebagai angin segar di tengah dominasi MMORPG dengan sistem class yang kaku. Konsep sistem skill yang fleksibel dan pertarungan yang dinamis menjadi inspirasi bagi beberapa MMORPG di masa depan.
  • Memuaskan Para Gamer Hardcore: Fokus pada skill pemain dan strategi pertarungan membuat Asheron’s Call lebih disukai oleh gamer hardcore**. Game ini menantang para pemain untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.
  • Memori Nostalgia Para Gamer PC: Bagi para gamer veteran PC, Asheron’s Call mengingatkan masa-masa kejayaan MMORPG dengan komunitas yang erat dan perjuangan menaklukkan tantangan gameplay yang kompleks.

Meskipun server Asheron’s Call telah ditutup pada tahun 2017, game ini masih memiliki tempat khusus di hati para pemainnya. Asheron’s Call dikenal sebagai MMORPG yang inovatif, mengutamakan skill pemain, dan menciptakan komunitas yang solid**. Konsep-konsep yang diusungnya masih berpengaruh terhadap perkembangan MMORPG hingga saat ini.

Lineage (1999)

Di tahun yang sama dengan raksasa seperti EverQuest dan Asheron’s Call, yakni 1999, muncul Lineage, sebuah MMORPG asal Korea Selatan yang mencuri perhatian dunia**. Lineage berhasil menggaet para gamer dengan beragam fitur menarik dan berkontribusi pada popularitas MMORPG di Asia, khususnya Korea Selatan.

Baca Juga  Menjelajahi Dunia Game Online: Dari Definisi hingga Tren Terbaru

Apa yang membuat Lineage istimewa?

  • PvP yang Mendebarkan: Lineage mengusung sistem Player vs Player (PvP) yang dinamis dan ketegangan yang tinggi**. Pemain dapat saling bertarung di berbagai penjuru dunia game, memperebutkan harta karun, dan menguasai wilayah**. Konsep PvP intens ini menjadi daya tarik utama Lineage bagi banyak gamer.
  • Sistem Karma dan Hukuman: Lineage memiliki sistem karma yang unik**. Pemain yang sering melakukan kegiatan PvP negatif seperti membunuh pemain lain akan mendapat karma negatif**. Hal ini dapat berimbas pada hukuman seperti diburu pemain lain atau dibatasi aksesnya ke kota tertentu. Sistem karma menjaga keseimbangan PvP dan menghindari dominasi pemain dengan level tinggi.
  • Komunitas yang Sangat Aktif: Lineage menumbuhkan komunitas gamer yang sangat aktif, terutama di Korea Selatan**. Para pemain membentuk guild yang kuat, berdagang antar pemain, dan bekerja sama untuk menaklukkan dungeon yang menantang. Komunitas yang erat ini menjadi salah satu faktor kesuksesan Lineage dalam jangka panjang.

Dampak Lineage:

  • Mempopulerkan MMORPG di Asia: Lineage dianggap sebagai pelopor dalam mempopulerkan genre MMORPG di Asia, terutama di Korea Selatan**. Kesuksesannya menginspirasi dibuatnya banyak MMORPG lain di wilayah tersebut dan membuka pasar baru bagi industri game online.
  • Mencetak Standar Baru PvP: Sistem PvP yang intens dan sistem karma yang unik dalam Lineage menjadi standar baru bagi beberapa MMORPG di masa depan**. Konsep ini membawa nuansa persaingan dan ketegangan yang lebih dalam ke dalam dunia MMORPG.
  • Warisan Abadi: Lineage masih beroperasi hingga saat ini, meskipun dengan beberapa perubahan dan penyesuaian**. Game ini dianggap sebagai warisan abadi dalam sejarah MMORPG, terutama di kawasan Asia. Lineage W, sebuah sequel untuk Lineage, juga telah dirilis pada tahun 2021 dan mencoba menggaet generasi gamer baru.

Lineage tidak hanya berpengaruh di Asia, tetapi juga secara global. Konsep pertarungan PvP yang intens dan sistem komunitas yang kuat telah mempengaruhi berbagai MMORPG hingga saat ini. Lineage menunjukkan bahwa MMORPG dapat berasal dari berbagai belahan dunia dan menggaet para gamer dengan fitur-fitur yang unik dan menarik.

Ragnarok Online (2001)

Ragnarok Online, dirilis pada tahun 2001, merupakan MMORPG asal Korea Selatan yang berhasil mendunia**. Game ini menawarkan dunia fantasi yang menggemaskan dan berwarna-warni**, berbeda dengan kebanyakan MMORPG pada masanya yang cenderung bertemakan dark fantasy. Ragnarok Online cepat menjadi salah satu game online paling populer di Asia, khususnya di Indonesia.

Opens in a new windowwww.resetera.com

Apa yang membuat Ragnarok Online begitu digemari?

  • Dunia yang Menggemaskan: Seperti yang telah disebutkan, Ragnarok Online menyuguhkan dunia dengan desain karakter dan monster yang imut dan menggemaskan**. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi gamer kasual dan gamer perempuan.
  • Gameplay yang Santai dan Beragam: Ragnarok Online menawarkan beragam kelas karakter dengan kemampuan yang berbeda**. Para pemain dapat memilih untuk menjadi pemanah yang lincah, penyihir yang kuat, atau pedagang yang kaya raya**. Selain itu, gameplay Ragnarok Online tergolong santai dan tidak sememacu MMORPG lainnya saat itu. Pemain bisa berburu monster, menjelajahi dunia, atau bekerja sama dengan teman untuk mengusir bos dengan santai.
  • Komunitas yang Solid di Indonesia: Ragnarok Online menikmati popularitas yang sangat tinggi di Indonesia**. Game ini menumbuhkan komunitas gamer yang sangat solid**. Para pemain saling berinteraksi, membentuk guild, dan bahkan mengadakan pertemuan offline. Ragnarok Online menjadi fenomena budaya pop di Indonesia pada era awal 2000-an.

Dampak Ragnarok Online:

  • Mempopulerkan MMORPG Kasual: Ragnarok Online membuktikan bahwa MMORPG tidak harus selalu berat dan penuh tantangan**. Konsep dunia yang menggemaskan dan gameplay yang santai membuka genre MMORPG kepada gamer kasual dan gamer perempuan yang belum pernah mencicipi genre ini sebelumnya.
  • Meningkatkan Industri Game Online di Asia: Kesuksesan Ragnarok Online di Asia membuktikan potensi pasar game online di wilayah tersebut**. Hal ini menginspirasi dibuatnya banyak MMORPG lain dengan desain dan tema yang lebih kasual dan menyesuaikan dengan selera gamer Asia.
  • Memori Nostalgia Gamer Indonesia: Bagi banyak gamer Indonesia generasi awal 2000-an, Ragnarok Online mengingatkan masa-masa keindahan game online**. Game ini menanamkan kenangan tentang petualangan bersama teman, membangun komunitas, dan menikmati dunia fantasi yang menggemaskan.

Meskipun Ragnarok Online kini telah melewati masa kejayaannya, game ini masih tetap beroperasi hingga saat ini dengan beberapa penambahan konten dan peningkatan secara berkala. Ragnarok Online merupakan salah satu MMORPG legendaris yang telah berkontribusi dalam mempopulerkan genre ini dan membawa industri game online ke tingkat yang lebih tinggi, terutama di Asia.

Perjalanan 10 game online pertama di dunia menunjukkan bagaimana industri game online telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Dari grafis sederhana dan gameplay repetitif, kini game online telah menjadi sebuah industri yang masif dengan grafis yang realistis, gameplay yang kompleks, dan komunitas global yang terhubung.

10 game online pertama di dunia mungkin tidak semewah game online modern saat ini, namun mereka memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan game online. Mereka telah membuka jalan bagi industri game online yang masif dan terus berkembang hingga saat ini, dan memberikan kenangan indah bagi para pemainnya yang masih remembered hingga saat ini.