the Rise of Roguelike Games jump

tingizad

The Rise of Roguelike : Perjalanan Melalui Dungeon Berbahaya dan Kemungkinan Tak Terbatas

Apa itu The Rise of Roguelike? Roguelike adalah genre permainan yang menekankan randomisasikematian permanen, dan eksplorasi. Dalam permainan roguelike, pemain mengendalikan karakter yang menjelajahi dunia yang dihasilkan secara acak. Setiap kali pemain mati, mereka harus memulai dari awal, dengan dunia yang berbeda dan tantangan baru.

Mengapa Roguelike Semakin Populer? Ada beberapa alasan mengapa roguelike semakin diminati:

  1. Ketidakpastian: Randomisasi membuat setiap permainan berbeda. Pemain tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.
  2. Tantangan: Kematian permanen menambah tingkat kesulitan dan membuat pemain lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.
  3. Replayability: Karena setiap permainan unik, pemain dapat terus memainkannya tanpa merasa bosan.

1. Sejarah Permainan Roguelike

Permainan roguelike berasal dari dungeon-crawlers klasik berbasis ASCII seperti Rogue dan Nethack. Game-game awal ini menetapkan dasar bagi genre ini, dengan menekankan gameplay berbasis giliran, pembangkitan level secara acak, dan tingkat kesulitan yang brutal. Melompat ke masa kini, kita menyaksikan beragam pengalaman roguelike, mulai dari permata indie bergrafik pixel hingga petualangan 3D yang sepenuhnya terwujud. Genre ini telah berkembang, tetapi prinsip-prinsip intinya tetap utuh: setiap keputusan berarti, kematian bersifat permanen, dan setiap permainan menawarkan tantangan unik.

2. Karakteristik Utama Permainan Roguelike

a. Progresi dan Kesulitan

Permainan roguelike sering menampilkan kurva kesulitan yang tajam. Pemain harus belajar dari kesalahan mereka, menyesuaikan strategi, dan merangkul kegagalan sebagai bagian dari proses pembelajaran. Tidak jarang untuk mati berulang kali sebelum mencapai kemajuan yang signifikan. Sifat yang tidak mengampuni ini membuat pemain terlibat, karena sensasi mengatasi tantangan yang tampaknya tak teratasi menjadi adiktif.

Baca Juga  15 Game PC Terbaik 2024: Pilihan Favorit untuk Penggemar Gaming

b. Varian Genre

Formula roguelike telah melampaui dungeon-crawling tradisional. Kini kita menemukan elemen roguelike dalam berbagai genre:

  • Side-Scrollers: Game seperti Dead Cells dan Spelunky menggabungkan platformer dengan mekanisme roguelike. Setiap permainan terasa segar berkat level yang dihasilkan secara prosedural dan power-up yang tak terduga.
  • Deck-Builders: Judul seperti Slay the Spire menggabungkan gameplay berbasis kartu dengan progresi roguelike. Pemain membangun dek, melawan musuh, dan membuat pilihan strategis yang memengaruhi permainan berikutnya.
  • PlatformerRisk of Rain 2 membawa konsep roguelike ke lingkungan 3D, di mana pemain menjelajahi dunia alien, mengumpulkan item, dan menghadapi musuh tanpa henti.

3. Menampilkan Game Roguelike Terbaik

The Rise of Roguelike

a. Endless Dungeon

Endless Dungeon membenamkan pemain dalam alam semesta fiksi ilmiah di mana mereka harus bertahan hidup dari gelombang ancaman alien. Visual mewah dan pertempuran yang intens membuatnya menonjol dalam genre ini. Saat saya menjelajahi lorong-lorong yang dihasilkan secara prosedural, saya merasakan adrenalin meningkat dengan setiap pertemuan. Ketidakdugaan membuat saya terus kembali, bahkan ketika kekalahan tampak tak terhindarkan.

b. Neon Abyss

Neon Abyss dengan mulus menggabungkan elemen rogue-lite dengan mekanisme platformer dan run ‘n’ gun. Gaya seni yang unik, pilihan senjata yang beragam, dan ruangan yang selalu berubah menciptakan lingkaran adiktif. Saya ingat sensasi menemukan power-up baru dan ruangan rahasia, bertanya-tanya apa kejutan yang menanti saya dalam permainan berikutnya.

c. Children of Morta

Children of Morta menggabungkan elemen roguelike dengan narasi yang memikat. Sebagai anggota keluarga Bergson, pemain harus mempertahankan rumah leluhur mereka dari kekuatan jahat. Kombinasi seni pixel, cerita emosional, dan gameplay dinamis meninggalkan kesan mendalam. Kemampuan unik setiap anggota keluarga dan pengungkapan bertahap keterampilan baru membuat setiap permainan terasa seperti saga pahlawan.

Baca Juga  Tom Clancy’s The Division Resurgence : Membongkar Keunikan, Sejarah, dan Antisipasi

4. Masa Depan Permainan Roguelike

Kenaikan genre ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Para pengembang terus berinovasi, memperkenalkan mekanisme baru dan mendorong batas-batas. Baik itu permata indie berikutnya atau judul blockbuster, permainan roguelike memikat pemain dengan kombinasi tantangan, penemuan, dan ketidakdugaan. Saat saya menulis ini, saya dengan antusias menantikan petualangan roguelike berikutnya—satu yang akan menguji kecerdasan saya, menguji refleks saya, dan membuat saya ingin satu permainan lagi.