Gwent The Witcher Card Game

tingizad

10 Game Kartu Online Terbaik 2024: Asah Strategi dan Keberuntunganmu!

Ada beberapa alasan kenapa game kartu online begitu digemari. Pertama, game kartu mudah dipelajari namun sulit dikuasai. Konsep dasar permainan umumnya mudah dipahami, namun untuk menjadi pemain jago, dibutuhkan latihan, strategi deck-building yang cerdas, dan kemampuan beradaptasi. Kedua, game kartu online menawarkan elemen keberuntungan yang membuat permainan semakin seru. Tidak jarang strategi jitu yang kita susun bisa digagalkan oleh “top deck” lawan (kartu yang tepat ditarik di saat genting). Ketiga, game kartu online umumnya gratis dimainkan atau menawarkan model free-to-play yang bersahabat. Hal ini membuat game kartu online bisa dinikmati oleh semua kalangan.

10 Game Kartu Online yang Wajib Dicoba

Berikut adalah 10 game kartu online terbaik di tahun 2024 yang wajib kamu coba:

1. Hearthstone (Blizzard Entertainment, 2014)

Hearthstone online card game
sumber youtube
  • Gameplay: Strategi deck-building ala Warcraft
  • Fitur: Ranked mode, Arena, PvE adventures
  • Kelebihan: Gratis dimainkan, lore Warcraft yang menarik
  • Kekurangan: Sistem gacha bisa membuat frustrasi

Hearthstone adalah game kartu online yang sangat populer dengan basis pemain yang besar dan komunitas yang aktif. Game ini menawarkan gameplay deck-building yang seru dan menantang, dengan berbagai kartu unik yang terinspirasi dari lore Warcraft. Hearthstone juga memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk menguji kemampuanmu, Arena untuk membangun deck secara acak, dan PvE adventures untuk melawan musuh AI. Hearthstone gratis dimainkan, namun terdapat sistem gacha untuk mendapatkan kartu baru. Hal ini bisa membuat frustrasi bagi pemain yang ingin mendapatkan kartu tertentu tanpa mengeluarkan uang.

2. Gwent: The Witcher Card Game (CD Projekt Red, 2018)

Gwent The Witcher Card Game
sumber youtube
  • Gameplay: Deckbuilding dengan fokus row placement
  • Fitur: Ranked mode, seasonal mode, cerita single-player
  • Kelebihan: Berbasis semesta The Witcher, reward system yang adil
  • Kekurangan: Kurva belajar yang sedikit curam

Gwent: The Witcher Card Game adalah game kartu online yang terinspirasi dari mini-game dalam seri game The Witcher. Game ini menawarkan gameplay deckbuilding yang unik dengan fokus pada row placement (penempatan kartu di baris). Gwent memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, seasonal mode dengan aturan baru setiap musim, dan cerita single-player yang menarik. Gwent berbasis semesta The Witcher, sehingga para penggemar game tersebut pasti akan menyukai game ini. Gwent juga memiliki reward system yang adil, di mana kamu bisa mendapatkan kartu baru tanpa harus mengeluarkan uang. Namun, kurva belajar Gwent terbilang cukup curam, sehingga pemain baru mungkin membutuhkan waktu untuk menguasainya.

Baca Juga  10 Game CrazyGames Terbaik: Sensasi Bermain Game Online Gratis!

3. Shadowverse (Cygames, 2016)

Shadowverse
sumber youtube
  • Gameplay: Deckbuilding dengan Evolution system unik
  • Fitur: Ranked mode, story mode, leader abilities
  • Kelebihan: Animasi kartu yang indah, cerita menarik
  • Kekurangan: Meta bisa berubah cepat, grinding bisa memakan waktu

Shadowverse adalah game kartu online dengan animasi kartu yang indah dan cerita yang menarik. Game ini menawarkan gameplay deckbuilding dengan Evolution system unik, di mana kamu bisa mengubah kartu menjadi versi yang lebih kuat. Shadowverse memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk menguji kemampuanmu, story mode untuk mengikuti cerita game, dan leader abilities yang memberikan efek spesial pada deckmu. Shadowverse memiliki meta (strategi yang paling efektif) yang bisa berubah cepat, sehingga kamu perlu terus beradaptasi untuk tetap kompetitif. Grinding dalam game ini juga bisa memakan waktu, terutama jika kamu ingin mendapatkan kartu baru dengan cepat.

4. Eternal Card Game (Dire Wolf Digital, 2018)

Eternal Card Game
sumber youtube
  • Gameplay: Deckbuilding dengan format “set” rotasi kartu
  • Fitur: Ranked mode, draft mode, campaign single-player
  • Kelebihan: Sistem “set” rotasi membuat meta segar, model free-to-play yang ramah pemain
  • Kekurangan: Pemain baru mungkin kewalahan dengan banyaknya keyword

Eternal Card Game adalah game kartu online dengan sistem “set” rotasi kartu yang unik. Setiap beberapa bulan, set kartu baru dirilis dan set kartu lama dihapus dari format permainan. Hal ini membuat meta game selalu segar dan pemain tidak terpaku pada strategi yang sama. Eternal Card Game memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, draft mode untuk membangun deck secara acak, dan campaign single-player yang menarik. Eternal Card Game memiliki model free-to-play yang ramah pemain, di mana kamu bisa mendapatkan kartu baru dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang. Namun, pemain baru mungkin kewalahan dengan banyaknya keyword (kata kunci) yang terdapat dalam game ini.

5. Legends of Runeterra (Riot Games, 2020)

Legends of Runeterra
sumber youtube
  • Gameplay: Deckbuilding dengan champion system unik
  • Fitur: Ranked mode, Expeditions mode, Labs mode eksperimental
  • Kelebihan: Berbasis semesta League of Legends, champion system yang strategis
  • Kekurangan: Konten baru bisa terbit agak lambat
Baca Juga  15 Game Buatan Indonesia 2024: Inovasi dan Kreativitas Tanah Air

Legends of Runeterra adalah game kartu online yang berbasis semesta League of Legends. Game ini menawarkan gameplay deckbuilding dengan champion system unik, di mana setiap deck

dipimpin oleh champion dengan kemampuan spesial. Legends of Runeterra memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk menguji kemampuanmu, Expeditions mode untuk membangun deck secara acak dengan tema tertentu, dan Labs mode eksperimental dengan aturan permainan yang unik. Legends of Runeterra memiliki basis pemain yang besar dan komunitas yang aktif. Namun, konten baru dalam game ini bisa terbit agak lambat.

6. Mythgard (Rhino Games, 2019)

Mythgard
sumber youtube
  • Gameplay: Deckbuilding dengan pengaruh RNG (Random Number Generation)
  • Fitur: Ranked mode, Gauntlet mode, kampanye single-player
  • Kelebihan: Mekanik RNG menambah keseruan, cerita single-player yang bercabang
  • Kekurangan: Pemain yang tidak suka RNG mungkin kurang cocok

Mythgard adalah game kartu online dengan mekanik RNG (Random Number Generation) yang unik. Artinya, beberapa efek dalam game ini dipengaruhi oleh elemen acak. Hal ini menambah keseruan dan unpredictability dalam permainan. Mythgard memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, Gauntlet mode untuk melawan musuh AI dengan tingkat kesulitan yang berbeda, dan kampanye single-player yang bercabang, di mana pilihanmu akan menentukan jalan cerita. Mythgard memiliki cerita single-player yang menarik dan penuh misteri. Namun, mekanik RNG dalam game ini mungkin tidak disukai oleh semua pemain.

7. Faeria (Abrakam Entertainment, 2014)

  • Gameplay: Deckbuilding dengan elemen board placement
  • Fitur: Ranked mode, Casual mode, Puzzle mode
  • Kelebihan: Gameplay unik dengan elemen board placement, desain kartu yang indah
  • Kekurangan: Basis pemain yang relatif kecil, model free-to-play kurang menarik

Faeria adalah game kartu online dengan gameplay yang unik. Selain deckbuilding, kamu juga perlu mengatur kartu di board (papan) untuk mendapatkan keuntungan. Faeria memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, Casual mode untuk bermain santai, dan Puzzle mode untuk mengasah kemampuanmu. Faeria memiliki desain kartu yang indah dan gameplay yang unik. Namun, basis pemain Faeria terbilang kecil dan model free-to-play dalam game ini kurang menarik dibandingkan game lain dalam daftar ini.

8. Artifact (Valve, 2018)

  • Gameplay: Deckbuilding dengan lane system dan three-lane board
  • Fitur: Ranked mode, Casual mode, Constructed mode
  • Kelebihan: Gameplay unik dengan lane system, desain kartu yang indah
  • Kekurangan: Model pay-to-win yang kontroversial, basis pemain yang kecil

Artifact adalah game kartu online yang dikembangkan oleh Valve, developer game terkenal di balik Steam dan Dota 2. Artifact menawarkan gameplay deckbuilding yang unik dengan lane system (sistem jalur) dan three-lane board (papan tiga jalur). Game ini memiliki desain kartu yang indah dan lore yang menarik. Namun, Artifact memiliki model pay-to-win yang kontroversial, di mana pemain yang mengeluarkan uang lebih banyak memiliki keuntungan yang signifikan. Hal ini membuat Artifact dikritik oleh banyak pemain dan basis pemainnya pun menjadi kecil.

Baca Juga  10 Game Anime Terbaik: Menjelajahi Dunia Anime Interaktif!

9. TES: Legends (Bethesda Game Studios, 2015)

  • Gameplay: Deckbuilding dengan fokus pada card synergy
  • Fitur: Ranked mode, Arena mode, PvE adventures
  • Kelebihan: Berbasis semesta The Elder Scrolls, banyak pilihan deck kreatif
  • Kekurangan: Kurang populer dibandingkan game lain dalam daftar ini

TES: Legends adalah game kartu online yang berbasis semesta The Elder Scrolls. Game ini menawarkan gameplay deckbuilding dengan fokus pada card synergy (sinergi kartu). Artinya, kamu perlu membangun deck dengan kartu-kartu yang memiliki efek yang saling melengkapi. TES: Legends memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, Arena mode untuk membangun deck secara acak, dan PvE adventures untuk melawan musuh AI. TES: Legends memiliki banyak pilihan deck kreatif dan basis pemain yang cukup aktif. Namun, game ini kurang populer dibandingkan game lain dalam daftar ini.

10. SolForge (Stone Blade Entertainment, 2013)

  • Gameplay: Deckbuilding dengan elemen turn-based combat
  • Fitur: Ranked mode, Casual mode, Forge mode
  • Kelebihan: Gameplay yang mudah dipelajari, model free-to-play yang ramah pemain

SolForge adalah game kartu online dengan gameplay turn-based combat (pertarungan berbasis giliran). Game ini memiliki sistem deckbuilding yang mudah dipelajari dan model free-to-play yang ramah pemain. SolForge memiliki berbagai mode permainan, seperti Ranked mode untuk bersaing dengan pemain lain, Casual mode untuk bermain santai, dan Forge mode untuk membangun deck dengan cara unik. SolForge memiliki gameplay yang mudah dipelajari dan model free-to-play yang menarik. Namun, basis pemain SolForge terbilang kecil dibandingkan game lain dalam daftar ini.

Memilih Game Kartu Online yang Tepat untukmu

Dengan banyaknya pilihan game kartu online yang tersedia, memilih game yang tepat untukmu bisa menjadi hal yang sulit. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  • Genre game: Apakah kamu lebih suka game dengan gameplay klasik, deckbuilding yang kompleks, atau mekanik unik?
  • Tema game: Apakah kamu menyukai game yang bertema fantasi, sci-fi, atau berdasarkan franchise populer?
  • Mode permainan: Apakah kamu ingin fokus pada mode kompetitif, PvE (player vs environment), atau hanya ingin bermain santai?
  • Model free-to-play: Apakah kamu ingin game yang sepenuhnya gratis dimainkan, atau bersedia mengeluarkan uang untuk mendapatkan kartu baru dan konten tambahan?

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kamu bisa mencoba beberapa game yang menarik bagimu dan lihat mana yang paling kamu sukai.

Game kartu online menawarkan dunia yang penuh dengan strategi, keberuntungan, dan keseruan. Dengan berbagai genre, tema, dan mode permainan yang tersedia, pasti ada game kartu online yang cocok untukmu. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih game favoritmu dan mulai mengasah strategi dan keberuntunganmu!